Sedekah Mudah dan Amanah di Rumah Zakat, Bersama Hadapi Corona!

Tidak pernah terbayang bahwa ada satu virus yang menguasai bumi. Seluruh negara berjuang untuk melawan krisis kesehatan ini, termasuk Indonesia. Virus itu bernama Covid-19 yang mulai masuk di Indonesia di awal tahun 2020. Kini, kita telah memasuki second wave dampak dari bermutasinya varian baru dengan transmisi yang lebih cepat. Percepatan penularan ini membuat angka positif covid di Indonesia menjadi melonjak tinggi. Hampir setiap hari kita mendengar berita duka dan kabar rumah sakit dan nakes yang semakin collapse. Banyak nakes terpapar, IGD penuh, ambulans antri untuk mengantarkan yang sakit maupun jenazah, oksigen langka. Akhirnya pemerintah pun menggalakkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Pandemi Covid-19 membuat efek domino ; untuk segala sektor. Kita semua sedang berjuang dan bertahan. 

Ya Allah, tiada apa-apanya kami ini tanpa kuasaMu.

Press Conference : PPKM Darurat, Bersama Hadapi Corona


Pagi ini (6/07) saya mengikuti Press Conference Darurat yang diadakan Rumah Zakat dalam menanggapi PPKM yang memberi dampak untuk banyak orang. Press Conference disampaikan oleh Bapak Nur Efendi (CEO Rumah Zakat) dan Ibu Murni Alit Baginda (CPO Rumah Zakat). Press Conference ini tujuan utamanya adalah mengajak orang-orang untuk bergotong-royong dalam menghadapi pandemi dan mengurangi krisis di situasi genting saat ini. 

Sesi pertama disampaikan oleh Bapak Nur Effendi yang memaparkan program-program Rumah Zakat selama Covid-19. Saat ini angka positif dan kematian terus bertambah. Rumah Zakat menanggapi masa PPKM darurat dengan memberikan bantuan yang dibagi menjadi 4 program :


        1. Informasi yang Clear dan Optimisme 

Saat ini akses informasi sangatlah banyak dan cepat menyebar. Entah itu kabar baik/buruk, benar/hoax, pro vaksin/anti vaksin, dsb. Banyaknya informasi tersebut seringkali membuat kita terkecoh antara yang valid atau tidak. Rumah Zakat memberikan akses informasi yang clear serta optimisme untuk kita semua untuk yakin bahwa kita bisa segera keluar dari krisis ini. Mereka memaksimalkan media internet sebagai media edukasi dan informasi. Selain itu Rumah Zakat juga memfasilitasi masyarakat terdampak dengan menjadikan cabang-cabangnya sebagai pos covid.

       2. Bantuan Kesehatan

Bantuan kesehatan merupakan sektor paling krisis dan harus segera dipenuhi kebutuhannya. Bantuan kesehatan yang diprogramkan rumah zakat berupa batuan logistik dan perlengkapan RS Covid, bantuan oksigen dan ventilator, layanan ambulance pasien dan jenazah covid, layanan konsultasi covid, dan bantuan vaksin serta suplemen tim medis. Fenomena yang kita lihat saat ini adalah oksigen menjadi rebutan serta beberapa rumah sakit mengalami kekurangan ketersediaan tabung oksigen. Krisis oksigen juga menjadikan harganya melambung tinggi sehingga dhuafa kesulitan untuk mendapatkannya jika harus membelinya secara mandiri. Dengan sedekah tabung oksigen, kita turut membantu kesulitan saudara-saudara kita yang kesulitan mendapatkannya. Begitu pula ambulans. Saking banyaknya korban, ambulans pun menjadi penuh dan antri panjang. Banyak sedikitnya sedekah yang kita kumpulkan menjadi amal baik untuk kita dan dampak baik bagi yang membutuhkan.

        3. Jaminan Sosial 

Selain di rumah sakit, banyak juga saudara kita yang harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Untuk pekerja yang tak digaji bila tak berangkat, apalagi pendapatannya mengandalkan kerja harian, tentunya isolasi mandiri (isoman) menjadi penghambat mereka untuk memenuhi kebutuhan finansial. Maka kebutuhan makan pun menjadi kebutuhan primer paling mereka butuhkan. Rumah Zakat memiliki program jaminan sosial dalam bentuk paket sembako dan distribusi makanan. Distribusi makanan bisa dilakukan dengan menjalankan dapur yang bisa mobile maupun paket superqurban. Paket superqurban merupakan paket daging kornet yang tahan lama dan bergizi. Superqurban dibuat praktis dan tahan lama agar mudah disalurkan dan bisa menjangkau daerah-daerah terpencil yang membutuhkan mengingat daging adalah bahan makan yang mudah busuk. Program superqurban telah dimulai dari tahun 2020 dan berjalan sampai saat ini.


        4. Ekonomi dan Ketahanan Pangan 

Program ekonomi dan ketahanan pangan melanjutkan program sebelumnya untuk memberdayakan UMKM dan menyediakan lumbung pangan di beberapa titik.

Sesi kedua diisi oleh Ibu  Murni Alit Baginda (CPO Rumah Zakat). Ibu Murni menyampaikan bahwa program-program Rumah Zakat terkait dengan program pemerintah dalam menghadapi krisis Covid-19. Beliau lebih memaparkan tentang laporan penyaluran dan manfaat yang telah diterima orang-orang terdanpak. Pemerintah menargetkan vaksinasi 1 juta per hari di bulan ini dan selanjutnya 2 juta per hari di bulan Agustus. Rumah Zakat juga mengajak banyak pihak untuk mengajak vaksin dan memberikan informasi yang benar. Sedangkan untuk ambulans gratis, kini ambulans gratis Rumah Zakat telah tersebar di 15 titik yang berada di zona merah dan orange. 





Live Report dari Lokasi Penyaluran Sedekah Sobat Zakat 

Rumah Zakat memberikan kita kemudahan untuk bersedekah untuk bersama-sma menghadapi krisis pandemi covid-19 melalui donasi online di website. Insyaallah Rumah Zakat akan amanah dalam menyalurkan sedekah kita agar manfaatnya makin terasa dan banyak orang terbantu. Jumlah nominal donasi bisa dimulai dari nominal puluhan ribu.

Dalam Press Conference PPKM Darurat, setelah diisi oleh Pak Nur Effendi dan Ibu Murni, acara dilanjutkan dengan Live Report penyelenggaraan vaksin gratis di Kec. Joharbar, Jakarta Pusat dan penyaluran Superqurban di Makassar.  Menurut live report, vaksin di Kec. Joharbaru tersebut dimulai pada pukul 08:00 dengan kuota 400 vaksin per hari dengan target 4000 vaksin yang diadakan dalam rentang 10 hari. Syarat mendapatkan vaksin tersebut hanya dengan cukup membawa KTP. Hari ini juga diadakan distribusi paket Superqurban untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan di Makassar oleh tim Rumah Zakat.

Di akhir sesi ditutup dengan pelepasan ambulans  gratis di kantor Rumah Zakat oleh Bapak Nur Effendi.

Bagaimana Cara Saya Mendapatkan/Mengakses Bantuan-Bantuan di Atas?

 Untuk pelayanan dan mendapatkan akses informasi bisa menghubungi lewat website agar bisa diteruskan ke cabang daerah yang membutuhkan.


Pada statement akhir, Bapak Nur Effendi mengajak kita untuk bergotong-royong dan berkolaborasi untuk bersama-sama membantu dan bahu-membahu keluar dari krisis Covid-19. Semoga Tuhan jaga kita semua dan pandemi segera berakhir.




Tidak ada komentar