Tips Merawat Kulit Wajah : First Thing First, Cleansing First!

Menjaga kesehatan kulit wajah ada langkahnya. Asal beli skincare yang paling hits tanpa mengenali wajah dan langkah tentunya jadi salah arah. Pertama kali saya memakai skincare, saya gak terlalu memperhatikan langkah-langkah yang tepat. Hasilnya, skincare sebagus apapun kalau salah langkah hasilnya tidak akan seglowing Jennie Blackpink. Alih-alih glowing, kulit wajah malah semakin kusam. Nah, langkah yang bagaimana yang dianjurkan untuk merawat kulit wajah kita?

CTMP Steps : Paduan Sederhana Merawat Kulit Wajah

Setelah mempelajari beberapa item skincare dan belajar dari teman-teman yang sudah pada ahlinya, saya pun tahu tentang basic steps yang disingkat dengan CTMP. CTMP adalah singkatan dari Cleansing, Toning, Moisturizing, dan Protecting. Dari itu saya tahu bahwa basic skincare yang paling utama adalah first thing first cleansing first. Setelah membersihkan wajah, perlu kita beri toner untuk mengimbangkan Ph. Selain itu juga agar wajah kita lebih prepared untuk layer skincare yang selanjutnya. Setelah toning, barulah kita memakai moisturizer untuk mengunci kadar air (menghidrasi) kulit, lalu yang terakhir adalah protecting dengan sunblock atau sunscreen. 

Namanya juga basic skincare, jadi ini adalah steps paling BASIC - paling basic dan paling harus sebelum menggunakan produk-produk lain. Jadi kalau pun kita tidak menggunakan essence, serum, exfoliating toner, dan item-item selain basic skincare tersebut itu tidak masalah. Tapi kalau sampai basic skincare ini tidak pernah kita penuhi, maka wajah glowing bak bidadari pun sudah enyah dari mimpi hahahaha. 

Emang Seberapa Penting Ritual 'Cleansing' Ini, Sis?

Pertama kali saya kenal dengan Micellar Water, disitulah saya tau kalau noda-noda dan dosa di wajah ini banyak sekali. Secara tak kasat mata (kecuali kita menggunakan make up), kulit wajah kita terlihat baik-baik saja. Tapi ternyata banyak sekali kotoran/debu yang menempel dan pada akhirnya menghalangi kinerja skincare kita selanjutnya. Kotoran di wajah juga bisa mengakibatkan penuaan dini, loh. 

Sebagian orang berfikir yang penting cuci muka. Padahal memilih sabun muka juga penting. Atau yang penting sudah pakai sabun muka, tapi ada yang lebih penting yaitu double cleansing. Waduh, ribet amat ya? Tenang, kalau sudah terbiasa, langkah ini bukan lagi beban tapi memang kebutuhan. 

Sebagian orang berfikir yang penting mencuci wajah. Padahal memilih sabun untuk kulit wajah  yang nyaman untuk kulit kita  juga penting.

 

  • Gunakan Pembersih Wajah

Beberapa beauty guru menyarankan untuk membersihkan menggunakan cleansing oil/balm atau micellar yang oil-based sebagai first cleanser. Namun, untuk saya pribadi gak terlalu saklek. Kalau sekiranya ringan akan pakai micellar water biasa sedangkan kalau terasa berat (full-make up) atau kotor sekali barulah memakai pembersih yang oil-based. Nah first cleanser ini bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran seperti make up, sisa-sisa skincare, atau debu setelah kita beraktivitas.

Karena skincare mengandung actives yang harus disesuaikan dengan kondisi kulit, maka pilihlah cleanser yang tepat sesuai kebutuhan atau gunakan all skin types skincare. 

  • Cuci Wajah dengan Facial Wash Yang Tepat

Setelah melakukan step first cleansing, selanjutnya adalah mencuci wajah. Mencuci wajah ini fungsinya untuk lebih membersihkan sisa-sisa residu dari first cleansing tadi. Tapi lebih dari itu, banyak juga manfaat dari mencuci wajah. Disini aku punya SEBU Beauty Moist Glow yang menawarkan manfaat 'lebih dari membersihkan wajah'. SEBU Beauty Moist Glow terbuat dari 5 bahan aktif dan 3 bahan alami. Bahan-bahan alami tersebut yang bikin wajah tetap moist sesuai dengan product claim mereka. Menjaga sebum dan kadar air dalam kulit wajah penting untuk ke-glowing-an yang paripurna. Aku punya pengalaman buruk di beberapa facial wash yang malah menghabiskan sebum dan wajah rasanya ketarik. Bukannya plumpy malah jadi terasa panas. Makanya aku sekarang lumayan picky dengan pemilihan facial wash. Sekali membuat wajah aku gak nyaman, semahal apapun tetap akan aku stop. 

SEBU Beauty Moist Glow - Second Cleanser Pilihanku


Sabun SEBU merupakan brand lokal yang berasal dari Bandung. Mereka memiliki 2 produk andalan, yaitu SEBU Antiseptik dan SEBU Beauty Moist Glow. Aku juga pernah menulis kenapa SEBU Antiseptik bisa dijadikan pilihan untuk melindungi tubuh kita dari bakteri dan virus disini. Selain itu aku sudah mencoba secara langsung SEBU Beauty Moist Glow ini selama satu minggu.
Sebagai informasi, sabun yang digunakan sebagai facial wash ini terbuat dari 3 bahan alami dan 5 bahan aktif. Itu mengapa aku menjadikan SEBU Beauty Moist Glow ini sebagai salah satu second cleanser andalanku.

5 bahan aktif dan 3 bahan alami tersebut adalah :



HIDROLIZED COLLAGEN

Kolagen ikan digunakan sebagai active yang berfungsu untuk melembabkan dan mengencangkan kulit. Selain itu juga bisa membantu mengurangi kerutan dan keriput di wajah.

GLUTATHIONE

Gluthatione adalah kombinasi 3 asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit, whitening, dan menangkal radikal bebas.

EKTRAK LEMON

Ekstrak lemon mengandung sumber vitamin C yang tinggi yang bisa mengangkat sel kulit mati. Untuk beberapa orang yang suka baca ulasan skincare aku, active ini adalah active favoritku karena efek mencerahkannya bagus. Selain itu kandungan ini juga bisa mencegah jerawat dan sebagai anti bakteri.

SPIRULINA

Spirulina kaya antioksidan sehingga efektif sebagai anti aging dan mempercepat proses regenerasi sel.

MADU

Siapa yang gak tahu kekayaan manfaat madu ini? Madu buat saya adalah cairan ajaib yang diciptakan Tuhan di dunia ini. Selain dikonsumsi, madu juga baik untuk perawatan wajah. Madu mengandung antioksidan yang memberi efek rileks pada kulit dan berperan melawan radikal bebas yang merusak kulit.

MINYAK VCO

Aku beberapa kali menemukan sabun untuk wajah yang mengandung VCO. Lucky us, SEBU Beauty Moist Glow juga mengandung minyak VCO untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru dan mampu menghilangkan bekas luka. Jadi yang punya masalah sama bekas jerawat/acne prone, produk ini bisa dicoba.
  
MINYAK SAWIT

Minyak sawit mengandung karotenoid sebagai antioksidan dan tokotrienol untuk lindungi kulit dari matahari.

MINYAK ZAITUN

Minyak Zaitun adalah olive oil mengandung antioksidan dan vitamun E yang bermanfaat untuk melembabkan kulit dan membuatnya lebih glowing.


Product Review

Sebu Beauty Moist Glow ketika sudah dibasahi dengan air dan siap untuk diaplikasikan ke kulit wajah




Secara visual, sama halnya dengan SEBU Antiseptik, Moist Glow memiliki warna madu bening. Berbentuk love dan sizenya lumayan. Saya kira cukup untuk membersihkan wajah sebulan atau lebih karena penggunaannya pun tidak boros. Awalnya terlihat unik, kenapa bentuknya menyerupai 'love', tapi setelah saya pakai justru bentuknya bikin kita memudahkan untuk memegangnya. First impression ketika memakai SEBU Beauty Moist Glow finishnya tidak ada rasa ketarik sama sekali seperti beberapa produk yang pernah saya pakai. Kotoran di wajah bersih tanpa membuang sebum sehingga terasa moist dan kulit terasa sehat. 

Nilai plus dari sabun ini juga Halal dan sudah terdaftar di BPOM (kalian bisa check di websitenya). Kelegalan ini penting banget ya karena sekarang banyak sekali beredar skincare yang belum terjamin keamanannya. Tadi sore aku baru saja melihat salah satu video di Youtube yang mengatakan sabun batang cenderung lebih besar pH nya dibanding sabun cair, namun di produk ini pH-nya 7 jadi aman digunakan untuk kulit dan gak bikin kering.

Lalu apakah ketika saya pakai sabun ini langsung akan terlihat glowing? Well, begini...glowing is not an overnight work. Jadi semua tentu perlu proses dan steps yang tepat. Hanya mencuci wajah tanpa mempedulikan kelembapan dan memberinya proteksi dari sinar UVA dan UVB sama saja. Sabun ini  membantu untuk mewujudkan kulit yang moist dan glow melalui tahap-tahap skincare yang akan kita aplikasikan ke kulit wajah kita ya. 

But Make Sure You're Healthy Inside Too

Keadaan bareskin ku setelah menerapkan steps skincare dengan rutin.

Menjaga kebersihan tubuh (termasuk kulit wajah) tidak bisa hanya dari luar saja, tapi juga dari dalam. Maka jaga kesehatan kulit kita dengan tetap memenuhi kebutuhan air dan konsumsi makanan yang sehat. Menjaga kesehatan itu investasi kita untuk sekarang dan masa mendatang. Akan lebih baik lagi jika kita juga minum suplemen dan vitamin, apalagi di masa pandemi seperti ini. Asupan yang sehat akan baik untuk tubuh dan juga meningkatkan imunitas. Jangan lupa olahraga dan istirahat yang cukup. 

Pastikan self-care luar dalam diri kamu aman dan sehat. Seperti halnya kamu memilih SEBU Beauty Moist Glow!



_______
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog SEBU Beauty atas nama peserta Anisa Nuha

5 komentar

  1. ya ampun bumil mulus amat kulitnya hihi. sabunnya gemes pula aku jadi ingin ikutan coba

    BalasHapus
  2. Wah bentuk sabunnya lucu banget!

    BalasHapus
  3. semakin sadar akan pentingnya basic skincare terutama pembersih wajah dan facial wash.
    btw bentuk sabunnya love lucu .

    BalasHapus
  4. signifikan banget ya hasilnya, gemes bgt bentuk sabunnya kayk puding hehe

    BalasHapus
  5. penasaran sama sabunnya teteh kulitnya bagus sekali

    BalasHapus