Travel | Soto di Pasar Beringharjo Favoritku!

Sepertinya udah puluhan kali ku bagikan ke instastory. Kuliner sejuta umat ini berhasil meracuni beberapa orang yang ku ajak ke tempat yang lokasinya tersembunyi. Meskipun tersembunyi, namun selalu ramai, loh! Untuk teman-teman yang belum tahu, domisiliku Jogja. Jadi kuliner ini bisa dinikmati di Jogja saja. Jangan khawatir! Tempatnya gak jauh dari Malioboro. Tepatnya di Pasar Beringharjo, tempat makan rekomendasiku ini hanya buka selama pasar buka saja.

Duh, udah gak sabar nih buat ceritaaaa....JADI BEGINI GUYS ; MAKANAN FAVORITKU INI SOTOOOOO! TAPI SOTO BENING SEGER KHAS JOGJA GITUUU....



Sebenarnya ada banyak tempat soto idolaku sih, tapi yang akan aku share disini hanya soto terendul yang ada di Pasar Beringharjo. Oh ya, akhirnya aku semangat menulis rekomendasi kuliner lagi setelah Bandung Hijab Blogger mengadakan collab dengan tema "Best Food in Town".

Soto Mbok Sum



Sebagai pecinta dan pemuja soto, aku yang mengklaimkan diri sebagai Diajeng Soto Jogja region Gunungkidul mencanangkan soto ini sebagai soto favorit yang ada di Jogja. Entah kenapa selalu jatuh cinta dan nyempetin jajan Soto Bu Sum ini kalau lagi ke pasar atau jalan-jalan di sekitaran Malioboro. Awalnya dulu gak sengaja mampir jajan sama Ibuk, lama-lama ketagihan. Lama-lama ngajak temen kesana. Lalu temen temen pun juga jadi sering ngajak kesana. Haha. Duh, urusan makanan sih aku boleh sombong sedikit : seleraku bisa jadi racuuuun, at least untuk sahabat-sahabatku.

Soto Bu Sum ini letaknya ada  di lantai 1 bagian belakang, kalau dari Malioboro belok kiri luruuuuuuuusss terus sampai nemu Masjid. Nah, sotonya ada di dalam pasar tapi ancer-ancer nya depan masjid itu. Duh, mohon maaf saya lupa nama masjidnya apa, tapi masih di kompleks Pasar Beringharjo.

Selain seger banget sotonya, juga disediain beberapa sate yang gede-gede banget. Mulai dari sate ayam (ini asli favorit aku biangeeet), sate ati, perkedel, dsb. Sebenernya, menunya gak cuma soto aja sih. Ada nasi pecel juga, tapi entah kenapa soto yang paling jadi favorit disini. Surga banget sih kalau lagi panas-panas terus capek kan habis belanja daster , nah cuss mampir deh. Dijamin nagih.

Harga satu porsinya 10.000.

Dan kemarin sempat ngobrol sama Bu Sum, ternyata warungnya sudah berdiri 35 tahun. Pantes legend banget! Haha. Nyesel baru tau.

Sate yang besar dan enak andalan di Soto Mbok Sum


Soto Mbok Galak

Sejujurnya baru sekali kesini. Tempatnya cuma di belakang Soto Bu Sum. Tipe sotonya seger juga, tapi banyak togenya. Kalau aku pribadi gak terlalu suka toge jadi aku kurangin.  Tapi dibanding Soto Bu Sum, sepertinya Soto Mbok Galak ini kok kaya lebih iconic gitu. Yang bikin nagih, disini menyediakan semacam coca-cola khas jawa, namanya Saparilla. Baru cobain sekali, tapi ketagihan mau kesana lagi hahaha.

Kalau makanan favorit kalian apa? Kalau kalian suka soto, share dong rekomendasi soto paling enak di dunia menurut kalian.




You Might Also Like

12 komentar

  1. Dah lama banget gak ke malioboro.. kapan yaa pengen makan semua makanan yg direkkmendasiin disini nih 😍😍😍

    BalasHapus
  2. kalo ke jogja kudu banget nihh nyoba soto nya..😍

    BalasHapus
  3. Nanti November kebetulan Aku Ke jogja heheh,, kucari Ahh

    BalasHapus
  4. Nanti November kebetulan Aku Ke jogja heheh,, kucari Ahh

    BalasHapus
  5. eh kebetulan nih aku berencana ke jogja akhir tahun ini, makasih referensinya teh ntr aku eksekusi haha

    BalasHapus
  6. Waktu ke Jogja bulan Juni lalu gak sempet makan soto di pasar Beringharjo. Malah nyari tukang jamu yang ada di di youtube, itu juga gak ketemu. Untung sebelumnya sempet beli lupis Mbah Satinem.

    Kayanya kalo next ke jogja harus eksekusi sotonya ��

    BalasHapus
  7. Kalau ke Jogja lagi, mau mampir sini ah. Hehehe

    BalasHapus
  8. Huaaaah ngiler dengan kuahnya yang panas alias ngagolak klo udah makan soto jogja tuh. Enak, murah, jadi ingin langsung ada disana deh

    BalasHapus
  9. Ih jadi kangen Jogjaaa.. udah mah enak enak murah pula makanannya..

    BalasHapus
  10. Yaampun udh lama bgt ga ke jogja:(( gapernah nyoba soto ini jd penasaran huhu

    BalasHapus
  11. Waktu ke Jogja ga jadi nyobain soto dan empal yang katanya enak di pasar Beringharjo, gegara suamikuw anti kalo dibawa tempat tempat belanja :-( Padahal niatnya makan doang sih (kalo ga tergoda)

    BalasHapus
  12. Makin kangenn JOGJA jadinyaaaa, toloooonggg, take me thereeeee 😭😭😭

    BalasHapus