Say Bye Mata Kering dengan Insto Dry Eyes!


Masalah mata sudah jadi masalahku selama bertahun-tahun. Dari kelas 1 SMP, mataku mulai minus dan semenjak saat itu aku bolak-balik ke rumah sakit mata. Awalnya, persepsiku sih karena faktor genetik karena pada saat itu belum zaman gadget. Tapi, yang sangat menyedihkan minusku selalu bertambah dari waktu ke waktu. Apa sih yang salah sama kesehatan mataku?

Well, sebelum ceritaku sebagai instobuddy dimulai, aku mau sedikit bikin intermezzo seputar mata lasik, efek post-lasik, mengapa minus bisa terjadi, dan gimana cara aku mengatasinya. 

Kesehatan Mata yang Buruk Berasal dari Kebiasaan yang Buruk

Ternyata setelah konsultasi ke dokter berkali-kali, minus yang selalu bertambah ini diakibatkan oleh kebiasan burukku. Kebiasaanku yang bisa baca novel seharian dan nulis di komputer/main handphone berlama-lama ini yang membuat kondisi mataku memburuk. Saat itu, aku belum rajin tetes mata dan belum terlalu peduli, jadi setiap mata kering dan gatal selalu aku kucek-kucek dan diamkan sebentar lalu kembali bekerja. Hal ini yang membuat aku menyesal sampai saat ini. Ketidakpedulianku pada mata kering yang memiliki gejala mata sepet,  perih, dan pegel yang tidak segera diberi tetes mata yang bisa memberi pelumas dan anti-bakteri membuat aku akhirnya memiliki mata yang kurang sehat. Mataku yang kurang sehat ini diiringi dengan kebiasaanku yang kurang sehat juga, seperti membaca di tempat yang redup dan belum peduli dengan kelembaban mata, dsb.



Puncak dari semuanya adalah ketika akhir tahun 2018 lalu aku sering mengalami pusing dan mata terasa nyut-nyutan. Setelah konsultasi ke dokter mata, ternyata minusku sudah mencapai 12 dan disarankan untuk lasik. Oke, permasalahan minus mata sudah selesai, lalu datanglah satu masalah selanjutnya.

Mata Cenderung Kering Setelah Lasik Mata

Yang membuat aku sangat concern dengan mataku adalah Post-Lasik Mata. Sekarang setelah 6 bulan lebih berlalu (terhitung dari bulan November 2018) setelah intensif dengan obat mata yang bermacam-macam, masalah mataku adalah mata terasa lebih kering. Kata dokter, ini memang efek dari lasik mata namun hanya akan terasa sekitar satu tahun saja.

Baca Juga : My Lasik Story

Aku seneng banget akhirnya insto sangat mengerti kebutuhan mataku. Insto Dry Eyes ini bukan sekedar tetes mata biasa, namun bisa menjadi air mata buatan/pelumas untuk mata. Untuk iritasi ringan aku memakai Insto Regular, namun untuk kebutuhan mata kering ini Insto Dry Eyes solusinya.

Insto Dry Eyes Mengerti Kebutuhan Mata dan Pekerjaanku

Selain menolong keringnya mataku yang mudah sepet dan perih karena efek samping dari lasik mata, Insto juga mengerti kebutuhanku saat ini yang bekerja sebagai pekerja lapang dan blogger yang masih meluangkan waktu istirahatnya untuk menjadi bookworm. Kalau sudah begini, pekerjaan dan hobi sama-sama memforsir mata, kan? Nah, masalah mataku dan solusinya aku jelaskan lewat cerita di bawah ini.

Sebagai karyawan intern yang memiliki tugas untuk melakukan pendampingan dari satu tempat ke tempat lain membuat aku mau tidak mau harus mobile. Motor, panas, angin, dan mata kering adalah teman baikku yang mau tidak mau harus aku hadapi. Mata kering dan perih yang diakibatkan oleh angin membuat mata yang kering kekurangan air mata. Insto Dry Eyes membuat mata kita basah lagi karna didalamnya mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan dan menjadi pelumas. Cukup satu dan dua kali tetes, lalu ready to go. Mata sehat, kerjaan tetap jalan.


Kebiasaanku membaca buku sejak kecil membuat aku mendapat label bookworm. Kalian percaya kan kalau sesuatu yang dilakukan dengan passion seringkali bikin kita lupa waktu. Apalagi kalau jalan ceritanya menarik, wah alamat sampe kedip pun tak sempat. Hahaha. Memforsir mata kita untuk terus-terusan bekerja ini bikin  mata kita pegel. Selain mata yang diforsir dan jarang berkedip, kesehatan mata kita juga dipengaruhi oleh cahaya saat membaca buku, Aku pernah baca eyeducation ini disini.



Menjadi blogger adalah pekerjaan paruh waktuku setahun ini. Semenjak aku merubah tampilan blog dan tulisanku menjadi lebih professional, aku berusaha lebih produktif dan memoles konten-konten yang aku tampilkan di blog. Pekerjaan yang membuat aku harus menghadap laptop untuk menyuguhkan konten ini seringkali membuat mata juga selain lelah juga membbuat mata sepet. Apalagi kalau mengerjakannya di ruangan yang ber-ac. Bikin mata perih, sepet, dan pegel. Biasanya kalau sudah begini aku kasih jeda 5-10 menit dan gak lupa menetesi mata dengan Insto Dry Eyes! agar tambah fresh lagi. Untuk info lebih lengkapnya, kalian bisa mengulik tips bekerja di depan komputer disini.

Penyebab Mata Kering



Seperti yang sudah aku jelaskan di beberapa cerita tentang mata keringku diatas, ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil. Mata kering memiliki gejala yaitu mata sepet, mata pegel, dan mata perih. Gejala-gejala ini disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari, loh. Misalnya menatap gadget terlalu lama, bekerja dengan di depan komputer yang memforsir kemampuan visual, berada di ruangan ber-AC, atau mengendarai kendaraan yang menyebabkan mata kita perih terkena angin. Untuk mengatasi problem mata kering, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak mengganggu pekerjaan kita lagi.

How to Make a Deal with Dry Eyes?



1. Jangan Paksa Matamu untuk Bekerja

Mata itu juga butuh 'me time' kaya kita. Kalau dia lelah bekerja dengan tanda mata pegel, coba istirahatkan sejenak. Jangan paksa bekerja sebelum dia ready untuk diajak kerja keras. Itung-itung bisa mengistirahatkan otak juga, kan? Sembari menunggu mata siap, dengarkan suara-suara relaksasi agar mata dan jiwamu lebih chill!

2. Atur Cahaya Layar Laptop dan Hapemu

Di dua perangkat ini, kita bisa mengatur terang-gelapnya cahaya. Semakin terang, bikin mata kita jadi silau dan berujung perih. Jadi untuk meminimalisir resiko mata perih, pegel, dan sepet gunakan mode eye protection atau gunakan screen protector yang gelap. Selain melindungi mata dari gejala diatas, untuk menjaga kesehatan mata aku juga terkadang menggunakan kacamata anti-radiasi yang bisa kalian dapatkan di optik-optik terdekat.

3. Minum Air Putih yang Cukup!

Tubuh kita terdiri dari air. Air bermanfaat agar sistem dalam tubuh kita bekerja. Salah satunya adalah berguna untuk melembabkan mata. Jadi, jangan malas-malasan untuk mengonsumsi air putih, ya. Tubuh juga butuh untuk disayang-sayang. 

4. Siap Sedia Insto Dry Eyes 

Aku anaknya cranky banget kalau mata sudah mulai lelah. Untungnya si kecil ini selalu tersedia di pouch-ku. Termasuk things-in-my-bag banget apalagi kalau lagi kerja harus nyetir motor jauh atau meeting di ruangan AC dari jam 9 sampai 5 sore. Teteskan 1-2 tetes mata 3x sehari atau sesuai dengan anjuran dokter.

Biar lebih enjoy belajar gimana make a deal sama mata kering, coba deh liat video dibawah ini :")
note : tolong fokus ke instonya aja, jangan distracted sama suaranya Bang Dika.



Quick Review Insto Dry Eyes




Tetes mata Insto memiliki dua varian dengan kebutuhan yang berbeda. Insto Regular diperuntukkan untuk iritasi ringan sedangkan Insto Dry Eyes diperuntukkan untuk mata kering dengan gejala mata sepet, pegel,dan perih.



Produksi PT Combiphar
Isi bersih 7,5 ml

Untuk product knowledge dan eyeducation, kalian bisa klik https://insto.co.id/product




Karena ukurannya yang mini, gampang dibawa kemana saja. Tidak perlu ditaruh di tas, di kantongmu juga bisa.

Selain mudah dibawa, produk ini juga mudah ditemukan di apotek, minimarket, dan warung terdekat. Kalau yang mau praktis, bisa juga kok beli di e-commerce kesayangan kalian.

WARNING

Obat ini mengandung pengawet Benzalkonium klorida, penggunaan jangka panjang dan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan selaput mata. Jangan menggunakan obat ini secara rutin dan untuk jangka panjang. Jika gejala telah hilang, hentikan penggunaan obat. Jangan menggunakan obat ini ketika menggunakan kontak lensa. Kontak lensa dapat digunakan minimal 10-15 menit setelah obat diteteskan.

DISCLAIMER 

Gunakan seperlunya. Jangan berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan, ya. Untuk pengalaman mata kering arena post-lasik, aku menggunakan sesuai kebutuhan saja. Tidak terus menerus dan hanya digunakan ketika mata terasa sepet, pegel, dan perih. Untuk lebih jelasnya, aku selau konsultasi dengan dokter.


Pengalamanku Setelah Menjadi Instobuddy




Setelah berteman dengan Insto Dry Eyes, mataku sudah tidak cranky lagi. setiap bekerja di luar ruangan maupun dalam ruangan jadi enjoy. Mata yang bagus bikin tatapan mata ke konsumen tambah meyakinkan hahaha. Pokoknya jadi happy. Mata ternutrisi, hari-hari jadi makin gak moody. Setiap kerja mobile dan harus datang ke satu konsumen ke konsumen lain, Insto Dry Eyes menyelinap di tas kecilku. Pas mata lagi sepet, pegel, atau perih selalu siap sedia dan tinggal tetes aja.



Ini ceritaku mengatasi mata keringku, kalau kamu?

Cheers x



______
Artikel ini ditulis dan diterbitkan oleh Anisa Nuha dan diikutsertakan dalam kompetisi blog Insto Dry Eyes.


You Might Also Like

21 komentar

  1. aku juga belakangan ini gak sayang sama mata, kerja depan laptop sama mata perih dan lelah sampe kering, aku mau rajin pake insto ah kalau gitu

    BalasHapus
  2. Aku tuh harus selalu sedia tetes mata sejak bertahun-tahun lalu. Kerja almost 9 jam sehari depan laptop selama 12 taun terakhir ini bikin mata ak cepet kering dan mudah lelah. Selama ini aku pake tetes mata tanpa liat peruntukannya. Ternyata, insto punya tetes mata khusus untuk mata kering kaya gini yah. suka.....

    BalasHapus
  3. Aku pun kerjanya selalu di depan PC, belum lagi kerjanya mayan jauh dari rumah, pulang-pulang suka sepet matanya heuheu, aku biasa pake insto yang ori sih blm pernah nyobain yg dry eyes

    BalasHapus
  4. Insto nih solusi yang tepat banget buat orang yang sering terpapar layar gadget ya, beb. Apalagi jaman sekarang kebutuhan mantengin laptop/hape udah jadi kebiasaan sehari-hari yang bikin mata mudah lelah, terasa pedih, dan sepet gitu.

    BalasHapus
  5. Mantabbb kak terimakasih untuk reviewnya sangat bermanfaat, aku lagi bingung nyari tetes mata yg cocok, dan baru tau ada insto yg dry eyes, karena aku kerjanya kadang di lapangan atau di ruang yg ACnya super dingin, mataku jadi gampang bgt kering. Brb ke apotek beli insto dry eyes skrg aahh,sblm dompet aku juga ikutan kering wkwkwk

    BalasHapus
  6. Aku jg punya kebiasaan buruk nih main gadget di tempat yg minim cahaya, berasa diingetin pas baca cerita kamu. Anw aku jg suka stok insto, soalnya mata suka perih dan berair kalo pake eyemakeup terlalu lama

    BalasHapus
  7. aku juga suka main gadget dan laptop jadi harus sedia insto

    BalasHapus
  8. sehari-hari ada di depan komputer belakangan bikin mataku lelah banget nih be. kayaknya musti coba insto buat kesehatan mata ya..

    BalasHapus
  9. wah iya teh, ini juga keluhanku..tiap hari kerja di depan komputer, berkendara roda dua dan kurang minum sering memuat mataku pegal dan perih..selama ini seringnya aku kucek-kucek aja, makasih ya sharingnya :)

    BalasHapus
  10. aku juga pake insto ini koooo! sbg orang yang gabisa jauh dr gadget dan kerja depan komputer i need this hahaha

    BalasHapus
  11. Aku malah jd tertarik sama lasik krn mls pake kaca mata. Ntah knp pake kacamata juga bikin mata cepet cape. Huhu

    BalasHapus
  12. akuuu butuh banget insto apalagi setelah aku kerja lintas kota, sering barengan sama truk gandengan pas dijalan. yg knalpotnya dipinggir ituloh. yg asepnya item.
    jd selalu bawa eyedrop dikantong

    BalasHapus
  13. OMG maafkan aku salfok sama penyajian dan doodlemu it really fresh and cool. Keep blogging sa ��

    BalasHapus
  14. insto andalanku bnaget nih klaau pas lagi sepet matanya, jadi seger lagi deh

    BalasHapus
  15. aku juga pake ini, tp gak tiap hari rutin sih masih sekali² aja klo ngerasa kering bgt

    BalasHapus
  16. Ini nih salah satu produk yang wajib dimiliki saat musim kemarau kayak sekarang. Gampang banget mata kering. Dengan pake ini, debu dan sinar matahari yang sering bikin mata perih dan kering, jadi gak masalah.

    BalasHapus
  17. Lasik itu operasi atau gimana ya ? Agak ngeri dengernya

    BalasHapus
  18. Emang paling mujarab ini into kaka, thanks infonya kaka sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  19. Insto ini sahabat mata kering ya. Ampuh bangt mengatasi mata kering

    BalasHapus
  20. Saya juga sedia Insto, secara tiap hari melototin laptop dan hape. Sampe pernah ngalamin gejala mata kering.

    BalasHapus