Pengalaman Lasik Mata di Rumah Sakit Mata dr. YAP


Alhamdulillah, bulan lalu saya telah menjalani operasi lasik mata dengan berhasil. Ini akan jadi momen paling mengharukan dan terpenting sepanjang kehidupan saya.

KADO TERINDAH 

Biasanya kalau saya punya pencapaian, orangtua saya selalu ngasih sesuatu. Kalau nggak, ya saya sendiri yang ngasih apresiasi (misalnya travelling atau makan seenak jidat). Tapi khusus kelulusan ini saya yang awalnya mau minta sesuatu mendadak dibisiki malaikat baik "Gak usah minta. Anggap aja sarjanamu itu kado buat mereka. Jadi giliran kamu yang ngasih kado gak usah minta apa-apa." 

Tapi mendadak Ibu saya malah nawarin "Lasik aja, po? Besok kita tanya ke YAP gimana prosedurnya."

Aduh, saya ya gak bisa nolak lah. Saya gak minta apa apa malah dikasih lebih lebih lebih dari ekspektasi saya sama Allah lewat Ibu saya. Alhamdulillah.

KONSULTASI PERTAMA

Waktu saya pertama kali ke JLC (Jogja Lasik Center) yang letaknya memang di RS Mata dr. YAP, saya masih memakai softlens. Jadi saya harus lepas softlens selama 2 minggu sebelum saya bisa menjalani prosedur pra-lasik. Perawatnya juga enak ngejelasinnya dan di hari itu saya juga diberi rincian harga dari pra-lasik sampai biaya lasik. 

Untuk kegiatan operasi lasik, hanya dijalankan di hari Kamis.

PROSEDUR PRA-LASIK

Prosedur ini memerlukan ekstra kesabaran karena menghabiskan waktu satu harian penuh. Waktu itu saya pulang jam 9 malam dari kedatangan saya jam 8 pagi karena qadarullah retina saya bolong-bolong jadi harus menjalani proses laser retina. Hiks. Di momen ini saya nangis-nangis gak karuan.

Di prosedur ini, pemeriksaannya detail banget, Dari tes kadar air mata, mengukur ketebalan kornea, periksa retina, dsb.

FAQ 

: Kalau lasik bisa habis minusnya, kak?
: Tergantung ketebalan kornea kalian. Kalau kornea support, insyaallah bisa. Kalau aku gak bisa karena korneaku tipis jadi masih ada sisa minus :)


LASIK

Sebelum lasik, saya diintruksikan oleh perawat untuk melakukan beberapa hal di hari sebelumnya, Misal tetes mata secara rajin h-2, harus shampoo-an di sore hari h-1 sebelum operasi, gunting kuku, dsb.

Hari H lasik saya mencoba untuk santai dan gak setegang mungkin. Bener-bener santai meskipun ya hati saya ambyaaar. HAHAHAHA. 

Sebelum lasik kita juga harus memastikan diri kita snediri untuk "fit". Sama waktu itu malah makan sate dulu lah biar erut ga krud=cuk-krucuk dan dikasih jus juga sama perawatnya.

Meskipun hanya operasi di daerah mata dan bius lokal, kita disuruh ganti menggunakan pakaian operasi gitu padahal saya udah pake baju anget soalnya dikasih intruksi suruh pake baju hangat karena ruang operasi dingin.

baju operasi yang diberikan oleh rumah sakit.


SAKIT GAK?

Proses lasik hanya dikasih obat bius lokal. Menghabiskan waktu sekitar 15 menit dan gak sakit sama sekali. Pokoknya adem aja rasanya. 

Tapi selang satu jam setelah lasik, aduhhh nangis-nangis terus rasanya. Bius hilang dan kerasa deh sakitnya. Rasanya tuh kalau menurut saya kaya perih kalau kita ngiris bawang tapi terus-terusan. Waktu itu sampe susah melek saya. 

BAWA PENDAMPING 

Pendamping ini sangat penting baik di pra-lasik dan lasik ya. Jangan harap kalian bisa ngurusin sendiri. Pokoknya serba riweuh dan udah sibuk sama mata yang mbrebes mili. Pendamping ini berlaku


PRA LASIK

Waktu masuk ruang operasi, saya dituntun sama perawatnya. Ya jelas, wong saya minus 12. Hahaha. Habis lasik dinyatakan selesai betapa terharunya saya bisa jalan keluar sendiri dan bisa melihat dengan lebih jelas. Masyaallah bahagianya bukan main.

Setelah lasik, perawat akan menjelaskan prosedur perawatan mata setelah lasik kepada pasien maupun pendamping. Dari cara meneteskan obat mata sampai cara membersihkan mata. Setelah itu pasien dierkenankan pulang, tp masyaallah saya aaat itu bener-bener gak bisa melek saking perihnya. Atau saya aja yang lebay? Hahahaha

H+1

Sehari setelah lasik adalah kontrol pertama kali. Disini saya lihat teman-teman yang barengan sama saya matanya kok pda bengkak, tapi alhamdulillah saya enggak. Malah gak keliatan habis operasi. 

Oh iya, setelah lasik kita juga diberi pelindung mata seperti foto dibawah ini :

sorry for my annoying face


Juga kacamata hitam digunakan untuk kegiatan luar ruangan. Sebagai tambahan, kita juga ditawari untuk membeli kacamata anti radiasi. Waktu itu saya beli seharga Rp 650.000.

Memang setelah lasik ini penglihatan kita masih labil. Kadang jelas, kadang blur. Kalau lihat cahaya juga kadang masih silau gitu jadi saya sukanya merem terus hahahaha.

H+7

Note : untuk biaya 6x kontrol itu sudah masuk biaya all-in di awal jadi kita gak perlu bayar lagi kecuali jika ada tindakan atau obat tambahan.

Nah, sebenarnya tanggal kontrol itu sudah tertera di kartu kontrol. Tapi waktu itu saya salah hari dan alhasil dimarahin sama bapak perawatnya. Soalnya di kontrol kedua ini adalah proses pelepasan softlens, jadi takutnya nanti ada infeksi gitu. Tapi alhamdulillah all is well.

Di rentang waktu seminggu ini dramanya banyak. Karena saya anaknya bosenan di rumah jadi ngerasa tersiksa banget apalagi bener-bener NO GADGET + NO TV. Mau balesin chat aja harus nyuruh adik saya dulu terus nanti sama saya dibales pake voice note :")

Selain itu juga gak boleh kena air sama sekali jadi kalau wudhu tayamum dan kalo mau nyampo ke salon dulu sis hahaha.

(Untuk detail do+dont akan saya share dibawah nanti)

Penglihatan sudah mulai membaik. Tapi pas saya kontrol kedua kalinya ini dikasih semacam obat gel gitu buat mata dan penglihatannya malah tambah kabur. Sempat takut, jangan-jangan gagal atau gimana. Tapi ternyata gapapa, memang sebelum 3 bulan pasca lasik penglihatan belum normal.

H+30

Alhamdulillah, sekarang sudah memasuki sebulan setelah operasi ini dijalankan. Seneng banget karena progressnya benar-benar bagus. Waktu di cek kondisi mata sudah sangat bagus dan perawat bilang mata kanan saya bisa normal a.k.a minus 0 karena progress penglihatan yang sangat oke. Saya girangnya gak karuan. Terasa juga sih di kemampuan baca jarak jauh saya meskipun kalau sudah maghrib ya masih agak blur dikit. Sedangkan mata kiri saya yang masih nyisa minus 2-an, hanya perlu memakai kacamata minus 1 atau 1.5. MasyaaAllah :")

Untuk pembelian obat masih sama seperti H+7 setelah lasik tipenya. Diberi 3 jenis tetes dan 1 suplemen.


BUDGET


Untuk pembelian obat per kontrol waktu itu menghabiskan sekitar 780.000-an. Jadi all-in sekitar 20-25 juta tergantung tindakan ya.

BUT IT'S TOTALLY WORTH THE PRICE!

DOS AND DONTS




Foto-foto diatas adalah konsekuensi ketika kalian akan melakukan tindakan lasik ini :)

FAQ

: kalau sudah lasik, berarti bisa lahiran normal dong kalo buat cewe?
: oh ternyata yang paling menyedihkan tidak, karena lasik hanya membantu kita untuk tidak memakai kacamata tapi keadaan di mata kita tetap sama seperti mata minus.

But well, mau C-Section atau normal kita tetap bisa jadi ibu yang bhaique kok :)

Thank you for reading, silahkan drop komentar kalau masih ada pertanyaan. Semoga bermanfaat :)





You Might Also Like

15 komentar

  1. Lengkap banget parah:"
    Minusku skrg udah 2 ckck:"berharap semoga ga nambah namabah mhehe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah so far di usia sekian banyak mata daya sepertinya masih normal

    BalasHapus
  3. mataku minus 0.75 0.5 ka-ki, baca teks d TV dr jarak tertentu udh ga keliatan... udah punya kacamata tp jarang kupake heheh. Dan emang ya kalau aku pk kacamata, segala tulisan yg blur jd kinclonggg gt, bahagia bgt rasanya hahaha. Kebayang deh girangnya dirimu yg progress penglihatannya langsung naik bnyk bgt stlh surgery hehe, congrats on your new vision yaaa.

    BalasHapus
  4. ya ampun 12? aku yang dua aja selalu rewel. selamat kak atau "penglihatan barunya" he

    BalasHapus
  5. Duh itu pertanyaan ku terjawab juga. Makasih udah ditanyain ya..

    Huhu syedih harus c section.

    Pengen lasik juga, tapi berarti harus cuti gadget juga beberapa lama yaa 😂

    BalasHapus
  6. Ya ampun minus 12? MasyaAllah..mungkin kedepannya kurangin depan layar sama kurangin pemakaian softlens kali yah.. speed recovery anisa

    BalasHapus
  7. Wah sangat informatif sekali, beneran awam banget sebelumnya tentang lasik ini..

    BalasHapus
  8. makasih teh informasi nya, jadi paham tentang lasik ini

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah banget dapet kadonya bermanfaat sekali. Makasih infonya tentang lasik tteh, lengkap dan jelas

    BalasHapus
  10. Wah, lumayan juga ya harganya. Tapi ya, demi diri yang sehat dan nyaman, itu gak seberapa. Sehat-sehat selalu ya, neng. Jadi reminder banget deh untuk menjaga selalu kesehatan mata. :)

    BalasHapus
  11. Kukira lasik itu simple dan cepat proses recovery nya.. Ternyata rada ribet ya.. Congrats yaa sudah melalui itu semua

    BalasHapus
  12. Pas awal baca judul langsung penasaran karena dari lama memang pengen lasik tapi ngeri ngeri sedap jadi maju mundur hihi. Sebagai penderita minus 4 aku kagum padamu yang bisa handle minus 12 semoga matanya selalu sehat ya paska lasik ga balik lagi minusnta. Thanks for sharing mba :)

    BalasHapus
  13. aku pas bacanya ko ngilu ngilu gt ya sambil bayangin haha aaah gak mau... beranian banget teeeh, akuk yg minus 1,75 aja udah bolor gabisa liat orang dan disangka sombong huhu.. thankyouu ya uda sharing pengalaman lasik nya

    BalasHapus
  14. Masya Allah ini berguna banget buat teman-teman yang pengen di lasik juga ya :') alhamdulillah ga sakit ya tapi abis biusnya langsung kerasa :((

    BalasHapus
  15. Menanggapi kalimat penutup, mau share dikit ya pengalaman lahiran kemarin. Aku minus 9,5 dan ternyata bisa lahiran normal kok, walau dadakan. Ternyata minus mata gak ngaruh ke lahiran normal/SC. Jadi jangan takut. Semua tergantung kekuatan lensa mata. Alangkah baiknya sesaat sebelum melahirkan mata harus diperiksa dulu.

    Lasik ini impian banget nih. Baru rencana aja dari dulu, sekarang punya bayi. Pas baca pengalaman ini kayaknya harus ditunda dulu sampai baby agak gedean.

    BalasHapus