Travel : 6 Rekomendasi Kuliner di Solo


Halo sobi sobi dolanku, kali iki aku bakal share ke kalian ceritoku explore kuliner di Solo. Ketoke aku pernah cerito nek aku pernah magang neng Solo selama sebulan. Dari waktu sebulan itu, aku lumayan puas banget nyobain jajanan-jajanan enak yang ada disana. 

Kalau kamu masih ragu, aku mau bilang kalo Solo itu supeeerrrr muraaah. Sumprit lebih murah daripada Jogja. Mau makanan-makanan otentik sampe nge-mall, semua ada!

Jadi siap-siap, aku mau bikin kamu makin mupeng. Cus kalo kalian liburan di Jogja buru-buru beli tiket Prameks ke Solo hahahahha.

1. Soto Gading

Soto Gading ini di Solo famous banget. Pernah dikasih tau sama orang kalo ini soto langganan Pak Jokowi katanya. Gak tau juga sih, tapi terlepas dari itu menurutku rasanya tetep enak. Tempatnya nyaman, terletak di deket daerah Gading dan selalu rame. Tapi tenang, ramenya gak sampe bikin kamu waiting list kok. Harganya lupa, yang jelas soto sama minum gak akan sampai 20 ribu :D

source : google


2. Sate Klathak

Sebagai ecinta dunia perkambingan seperti tengkleng dan gule, pergi ke tempat ini sumpah gak ada nyeselnya. Waktu itu aku iseng-iseng nyoba, dan ternyata rasanya juara banget. Letaknya ada di perempatan deket dareha Gading dan Pasar Klithikan. Harganya sekitar 25-an tapi enaknya mantul. Selain itu banyaaak banget kok sate rekomen di Solo, misalnya aja Sate Mbok Galak.

3. Timlo

Salah satu kuliner Solo yang gak boleh kamu lewatin : Timlo. Katanya sih Timlo paling terkenal tuh Timlo Sastro. Letaknya ada di kompleks Pasar Gede. Warungnya udah punya banyak cabang dan selalu rame. Aku baru pertama kali cobain makanan ini pas liburan kemarin, lama-lama pengen dan kebayang-bayang terus.

Aku kira bakal kaya rawon, ternyata dia berkuah bening terus isinya ada telur, ati ayam, dsb. Maknyus banget pokoknya nih makanan wajib coba!

source : surakarta.go.id


4. Selat Solo dan Sup Matahari

Kenapa jenis makanan ini aku gabung? Karena biasanya yang jual selat pasti jual sup matahari. Hahahahaha. Makanan ini super iconic di Solo. Kalo disuruh milih dari keduanya, aku lebih suka selat. Selat tuh terdiri dari sayur-sayuran rebus, telur, dikasih saus semacam kuas steak. Aku pernah nyobain makanan ini di Selat Tenda Biru sama Vien's. Tapi banyak orang bilang Vien's yang paling terkenal. Terlepas mana yang lebih terkenal, dua-duanya wuenaaake gak nyantee!

source : google

5. Susu Shi Jack

JUARAAAA! Aku akan sedikit lebay buat nyeritain part ini. Sebulan di Solo, hampir tiap malem jam 9/10 an aku sama temen-temen selalu nongkrong di warung susu (semacam angkringan tp jual susu dan makanan ala ala angkringan juga) di deket kontrakan. Tapi ada yang lebih enak daripada langganan tempat aku nongkrong, Susu Shi Jack! Di Solo sendiri ada banyaaaak banget Susu Shi Jack ini dan selalu rameeeee. Ini adalah alasan aku sellau pengen nginep di Solo, soalnya bukanya dari sore hari sampe malem. Terakhir aku ke Solo, nongkrong di Shi Jack Kotabarat sampe jam 12 malem hahhahha. Gila emang gak bisa pesen cuma satu gelas akutuh. Ini terlalu enak!!!!

Kalian wajib cobaaaaa!

tempatnya selalu ramai loh.
source : surakarta.go.id

6. Kulineran di Alun-Alun

Sebagai warga Jogja, tentunya main di alun-alun bukan sesuatu yang aneh lagi. Bagi yang pernah ke Jogja, tau dong vibes nya alun-alun Jogja beda sama Bandung. Kalo Bandung kan di tengah keramaian, adem lagi di depan masjid. Kalo di Jogja atau Solo, alun-alunnya suasana jawaa banet, remang-remang, kulinerannya juga kaki lima. Salah satu idola pas nongkrong di alun-alun ini adalah "CEKER PEDESSS". Jadi ceker dikasih cabeee banyaaak dan pedesya tuh mantul. Sumpah aku cerita ini sambil ngiler saking pengennya hahahah. 

Jangan lupa nongkrong di tempat ini, terus jalan-jalan di sepanjang jalan Slamet Riyadi juga banyak angkringannya. Mureh-mureeeh jangan takut misqueeen disana mah :D

Selamat jalan jalan :)


You Might Also Like

11 komentar

  1. Terdengar aneh semua namanya di telinga, penasaraaaan :)

    BalasHapus
  2. Belum pernah ke Solo, tapi bisa jadi referensi nih kalau nanti jalan2 ke Solo 😍

    BalasHapus
  3. Penasaran timlo. Liat gambarnya mendadak lapar huhu.. thanks sharingnya tteh..

    BalasHapus
  4. Minggu lalu aku baru banget dari solo teh, masih ada yang lebih enak nih teh kaya sate buntel, sate kere, galantin, nasi liwet solo (dan ini beda banget sama nasi liwet sunda). Favoritku mah selalu sate buntel bu hj. Bejo sama selat solo mbak lies.

    BalasHapus
  5. Aaaakk, aku kangen solo. Aku suka semua makanan solo. Timlo apalagi, nasi liwet solo juga enaak.. pengen ke solo bangett jadinyaa

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Pengen banget coba apalagi Selat Solo dan Sup Matahari-nya ummm yummy!

    BalasHapus
  8. Noted, akhir bulan kalo jadi mau short trip ke Solo sama temen2 kantorku. Ntaps! 👌

    BalasHapus
  9. Nuhaaaa, baru tau selat solo sama sup matahari, jadi pengen nyoba pisaaaan

    BalasHapus
  10. Ca tanggung jawab loh, ku jadi ingin ke solo sekalian beli daster haha

    BalasHapus
  11. Ahh ini harus di catet klo nanti main ke solo lg mampir ke sini

    BalasHapus