Travel : Tips Menabung Untuk Travelling

Hai guys, akhirnya nulis juga konten tentang travelling. Tapi ini bukan review tempat, ini menjawab pertanyaan beberapa temen-temen yang minta tips gimana bisa nabung untuk liburan. Netizen-netizen ini sepertinya tahu kalau aku BPJS (Budget Pas Pasan Jiwa Sukamain) ya hahahaha.

Jadi sebenernya aku juga lagi merencanakan untuk travelling ke suatu tempat. Yang jelas rahasia dong nanti dikra cuma wacana haha. Nah check this out untuk tips tips ala Nisa.

This is my firstime using my passport. Gak akan terlupakan :')


1. BUDGETING ITU PENTING!

Yang pertama, kalian harus tahu, untuk ke tempat itu kalian butuh berapa banyak uang untuk tiket pesawat + hotel + akomodasi + makan. Nah kalau aku biasanya cuma budget-in itu. Masalah oleh-oleh, jajan kulineran itu nanti aja belakangan. Yang penting kalian landing dengan selamat, tidur enak, dan masih bisa bernafas. Kalau bisa, kurangin biaya-biaya yang gak penting. Misal bagasi pesawat, hotel yang mewah dekat downtown, atau beli printilan-printilan yang ga teralu dibutuhkan.

Kita asumsikan kita mau ke Singapore. Dan kita asumsikan juga kita terbangnya dari CGK.

Tiket pesawat = 300-500 ribu (kita ambil pait-paitnya yang paling mahal) 
Kalau bisa juga jangan pas high-season, terus milih weekday aja sis haha.
Waktu itu aku dapet Rp 260.000 dan rasanya pengen jingkrak-jingkrak
PP tiket = 1.000.000
Hostel = 100-150 ribu per malam x 3 malam = 450 ribu
Makan = 50 ribu sekali makan x 3 = 150 ribu x 4 hari = 600 ribu

Nah, berarti totalnya kira kira 2.100.000 untuk nge cover semua kebutuhan kamu diluar masuk wisata, jajan-jajan, atau beli oleh-oleh. Kalau mau backpacker ya harus tega sama diri sendiri untuk prihatin, karena kalau gak gitu kita gak jadi backpacker haha.

Untuk mengompres biaya bagasi aku cuma pake ransel, itu pun masih ada space. Kok bisa? Pilih baju monokrom yang bisa mix and match gonta-ganti wkwkw. Serius!

2. BIKIN TABUNGAN KHUSUS TRAVELLING

Kalau aku dulu, untuk kedua kalinya backpacking, aku buka rekening khusus. Dimana? Di koperasi yang gak ada ATM nya jadi gak ada godaan untuk diambil-ambil haha. 

Hitung juga berapa lama kalian harus nabung untuk dapetin uang sebanyak itu. Misal anggaran kita tadi kan 2.100.000, jangan di pas banget, kita bulatkan jadi Rp 3.000.000 - 3.500.000
Hitunglah kalian mau travelling 3 bulan lagi (kalau pake sistem ini gak bisa dadakan harus prepare banget) jadi 90 hari. Kita bagi 3.500.000 : 90 = 39.000 ( jadi kira-kira kita nabung sehari segituan lah ya)

3. JANGAN GANGGU-GANGGU ANGGARAN TRAVELLING

Nah ini yang paling susah. Kalau merasa udah punya uang, jangan ganggu celengan kalian ini buat kebutuhan sehari-hari, kecuali emergency banget. Jadi, goodluck!

Selamat Mencoba ya semoga berhasil!

You Might Also Like

21 komentar

  1. Makasi banget! Jadi semakin tertantang hahaha

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Wajib dong sis jangan cuma beli gincu aja :"(

      Hapus
    2. Wajib dong sis jangan cuma beli gincu aja :"(

      Hapus
  3. Aku sanggupnya 1000 sehari gimana Nis? wkwk
    Cicilanku masih banyak beloman bisa nabung nih, tapi kalo istiqomah punya celengan sendiri keknya sih bisa-bisa aja ya. Kumpulin niat dulu deh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bisa aja teh... Apa yang gabisa di dunia ini hahahah. Tp optimis bisa karena teh Nesa udah bekerja sedangkan aku masih ndomblong :v

      Hapus
  4. Wahh tipsnya bermanfaat banget Teh wajib coba! Makasih tipsnya Teh

    BalasHapus
  5. Aku sama banget nih, jiwa BPJS heee... yang ak rasain banget ngaruh buat "maksa nabung" itu adalah jangan sering2 keluar masuk minimarket yang mart mart-an gitu. Jadi kalo mo belanja sekalian misal sebulan sekali :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh Nisa juga udah baca postingan teteh yang liburan ke SG. Horay aku punya temen tim nabung hehe

      Hapus
  6. Bener banget nih kalo mau backpackeran harus tega sama diri sendiri termasuk pas nabungnya :D

    BalasHapus
  7. Aku pernah nabung mirip gini juga, tp dirumah aja sih nabungnya pake kotak kaleng gtu biasanya 20rb perhari anggap aja "uang hilang" dari mulai 1jan - 31des.Tiap akhir tahun suka berasa 'kaya raya' hahahaha.. Tipsnya harus KUAT IMAN wkwk.. Skrg si "iman" ituh lg menghilang blm nyoba lagi hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali teh... Sekarang pun aku juga pake celengan besi di kosan biar ga gampang di cutik cutik.... Semoga kita termasuk orang orang yang kiat "iman" ya teeeeh hehe

      Hapus
  8. Balasan
    1. Hayang kamana atuh eceuuuu... Culik aku :")

      Hapus
  9. nabuuuuung buat hanimun keduaaa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhayyyy yang udah halal, aku yang jomblo mah solo dulu deh :")

      Hapus
    2. Aduhayyyy yang udah halal, aku yang jomblo mah solo dulu deh :")

      Hapus